Method Indonesia, berbagi cara untuk semua orang

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status

Senin, 17 Oktober 2016

Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Diri dan Organ Reproduksi


Organ Reproduksi merupakan organ yang sangat penting. Pada Organ Reproduksi, jika tidak diperhatikan kebersihannya maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Maka dari itu organ reproduksi harus diperhatikan kebersihannya agar tidak menimbulkan penyakit. Ada beberapa cara dalam menjaga kebersihan organ reproduksi yaitu sebagai berikut


A.Organ Reproduksi Laki-laki
Pada laki-laki, cara untuk menjaga kebersihan organ reproduksi tidaklah sulit. Dibandingkan dengan wanita, laki-laki lebih mudah dalam menjaga kebersihan organ reproduksinya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kebersihan organ reproduksi laki-laki :
  • Pada umumnya, laki-laki sering melakukan aktivitas berat yang dapat menimbulkan keringat. Oleh karena itu, gunakanlah celana dalam yang terbuat dari bahan katun agar dapat dengan mudah menyerap keringat. Celana dalam yang lembab dapat menjadi sarang bagi bakteri dan kuman, yang pada akhirnya akan menimbulkan penyakit.
  • Pada saat mandi, sering-seringlah menggosok organ reproduksi, hal ini akan berguna untuk menghilangkan berbagai kotoran yang ada pada organ reproduksi.
Selain menjaga kebersihan organ reproduksi, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan agar organ reproduksi kita selalu sehat. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan organ reproduksi laki-laki :
  • Sebaiknya jangan menggunakan celana terlalu ketat. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya lecet atau iritasi pada organ reproduksi laki-laki. Selain itu, celana yang terlalu ketat dapat menghambat perkembangan alat kelamin.
  • Pada zaman modern ini, banyak sekali orang yang menaruh handphone dikantung celananya. Padahal, menurut beberapa penelitan handphone yang ditaruh dikantung celana dapat mengeluarkan radiasi yang berdampak pada rusaknya organ reproduksi. Untuk mengatasinya, sebisa mungkin untuk tidak menaruh handphone dikantung celana.
  • Jangan menaruh benda yang panas terlalu lama pada organ reproduksi. Karena hal ini dapat merusak organ reproduksi.
B.Organ Reproduksi Perempuan
Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, bahwa perawatan pada organ reproduksi perempuan lebih sulit dibandingkan dengan laki-laki. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kebersihan pada organ reproduksi perempuan :
  • Saat membasuh kemaluan, bersihkan dari area depan ke belakang. Ini untuk mencegah kuman dari anus masuk ke dalam saluran kencing atau saluran reproduksi, yang dapat menyebabkan infeksi
  • Gunakanlah pembalut yang lembut. Sebaiknya kamu menggantinya bila kamu merasa sudah terlalu banyak darah yang keluar atau setiap kali buang air. Pembalut yang terlalu lama dipakai menjadi lembab dan menjadi tempat tumbuh bakteri
  • Cukup bersihkan kemaluan dengan air. Tidak perlu menggunakan sabun deodoran atau parfum. Pengunaan bahan-bahan tersebut justru dapat menimbulkan iritasi.
  • Sama seperti laki-laki, gunakanlah celana dalam yang terbuat dari katun agar dapat dengan mudah menyerap keringat.
Pada masa menstruasi, perempuan mengalami berbagai macam rasa yang tidak nyaman seperti nyeri perut misalnya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan pada perempuan :
  • Kurangi makanan yang banyak mengandung garam. Makanan tersebut dapat menyebabkan perasaan tegang dan tertekan
  • Minumlah banyak air putih atau jus buah. Dianjurkan juga menyantap makanan yang banyak mengandung zat besi. Contohnya seperti ikan, hati, biji-bijian, dan sayuran hijau. Kandungan zat besi dapat menggantikan zat besi yang banyak hilang selama menstruasi
  • Perbanyak asupan cairan untuk menghindari dehidrasi. Kekurangan cairan akan membuat nyeri perut semakin terasa. Usahakan untuk minum air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke daerah panggul.
  • Membuat ramuan jahe. Caranya, rebus beberapa potong jahe yang telah dimemarkan dalam air lalu minumlah air jahe dalam keadaan hangat.
  • Tempatkan handuk hangat di sekitar perut bagian bawah. Ini cara yang cukup mudah untuk menghilangkan nyeri sementara waktu.
  • Hindari meminum minuman yang mengandung kafein karena bisa memicu iritasi pada usus halus.
  • Meminum teh beraroma mint. Lebih baik jika diminum dalam keadaan hangat.
  • Melakukan peregangan pada pagi hari dapat melancarkan pereedaran darah dan sekaligus mengurangi rasa nyeri
Nah, itu tadi penjelasan mengenai bagaimana cara untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan organ reproduksi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian agar mengetahui bagaimana cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D

0 komentar:

Posting Komentar